Tim Kuasa Adat Pamona Desa Kasintuwu Silaturahmi dengan Kepala KPH Kalaena

- Kamis, 20 Oktober 2022 | 13:31 WIB
Tim Kuasa Adat Pamona Desa Kasintuwu Silaturahmi dengan Kepala KPH Kalaena (Amin)
Tim Kuasa Adat Pamona Desa Kasintuwu Silaturahmi dengan Kepala KPH Kalaena (Amin)

HALLO SULSEL - Kepala KPH Kalaena Junita, menerima silaturahmi tim kuasa dari adat Pamona dalam rangka penyatuan persepsi kewenangan dan aturan terkait tanah adat dan pengelolaan pemanfaatn hutan ada kedepannya.

" kami mengharapkan untuk masalah hutan adat hendaknya koordinasi dengan Pemda lutim Pemerintah untuk memperoleh surat keterangan pengakuan masyarakat hukum adat," ungkapnya disela sela silaturahmi di ruang kerjanya kamis 20-10-2022.

Sementara tim kuasa adat Pamona, Muhajir didampingi Wahyuddin mengatakan mengapresiasi sambutan hangat yang ditunjukkan oleh kepala KPH Kalaena beserta jajaranya menerima rombongan dari tim kuasa adat Pamona.

Baca Juga: Dandim 0608 Cianjur Sebut Keterpurukan Ekonomi Masyarakat Harus Dibangkitkan

Lebih jauh kata Muhajir, Suku adat Pamona terus melakukan perjuangan untuk meraih pengelolaan tanah adat kembali ke Mokole Dompelo dalam hal ini Nurdin Kapoa sebagai ketua adat yang akan menberdayakan masyarakat yang ada diwilayah tersebut.

Ditambahkan Muhajir selaku ketua tim mewakili Mokole Dompelo didampingi oleh Wahyuddin kepada media . Olehnya itu kata Muhajir untuk melengkapi persyaratan berkas yang dibutuhkan dalam hal pengakuan tanah adat akan dilengkapi sesuai permintaan instansi terkait.

Lanjut Muhajir, Pengantaran berkas lokasi adat Pamona Mokole Dompelo, terus menjadi perhatian tim dalam upaya mengembalikan hak kepemilikan suku tersebut untuk menempati kembali lahan milik nenek moyang yang sebelumnya dipergunakan untuk mata pencaharian berkebun berladang secara berpindah-pindah.

Baca Juga: Pangdam III/Siliwangi Bersama Ketua Persit Kartika Chandra Beri Bantuan Sembako

Mengingat lokasi tersebut merupakan lokasi yang jadi tempat hidup masyarakat pamona Mokole Dompelo, tanah Luwu yang terletak di desa Kasihtuwu kacamata Mangkutana, Kabupaten Luwu Timur

Halaman:

Editor: Muh. Amin

Tags

Terkini

Kapolres Gowa Mesti Tegas Terhadap Oknum Polisi "Nakal"

Selasa, 29 November 2022 | 11:54 WIB

Guru Garda Terdepan Dalam Melahirkan Pemimpin

Kamis, 24 November 2022 | 18:17 WIB

Profile 3 Calon Ketua Umum HIPMI BPP

Rabu, 23 November 2022 | 14:57 WIB

Pentas PAI Ditutup, Ini Pesan Bupati Dollah Mando

Rabu, 23 November 2022 | 07:13 WIB

Kepala BPSDM Pemprov Sulsel Mengundurkan Diri

Selasa, 22 November 2022 | 09:42 WIB

Tim Penilai Adipura Sasar Pasar Tradisional

Minggu, 30 Oktober 2022 | 19:30 WIB
X