KPU Kota Malang Sosialisasi Penataan Dapil dan Alokasi Kursi

- Rabu, 23 November 2022 | 22:28 WIB
Sosialisasi yang dilakukan KPU Malang.  (Rita Nurhalimah)
Sosialisasi yang dilakukan KPU Malang. (Rita Nurhalimah)

HALLO SULSEL - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang melakukan sosialisasi tentang penataan daerah pemilihan dan alokasi kursi anggota dewan perwakilan rakyat daerah kabupaten atau kota dalam pemilihan umum (Pemilu).

Kegiatan tersebut bertempat di Hotel Aliante Kota Malang, Ahad 20 November 2022.

Anggota KPU Kota Malang Deny Rachmat Bachtiar mengatakan rencana mereka dalam penyusunan daerah pemilihan akan diumumkan dan masyarakat bisa memberikan tanggapan dan masukan.

Baca Juga: Hasil Munas HIPMI, Himawan Unggul 83 Suara.

Pertengahan Desember nanti akan dilakukan uji publik dan melibatkan para stakeholder agar mereka bisa memberikan saran maupun tanggapan.

''Hasilnya akan kami laporkan pada pimpinan, dimana hasil itu akan menjadi acuan KPU RI untuk menentukan Daerah Pemilihan (Dapil) di Kota Malang. Saat ini kami masih masuk di rancangan penyusunan dapil. Untuk jumlah kursi saat ini masih seperti pemilu tahun 2019 yakni 45 kursi untuk DPRD Kota Malang,"tegasnya.

Erna Al Maghfiroh, Anggota Bawaslu menyampaikan bahwa Bawaslu melakukan pengawasan terkait penetapan dapil dan waktu KPU Kota Malang masuk pada agenda sosialisasi penetepan dapil pada parpol.

Baca Juga: Pemerintah Kabupaten Asahan Salurkan BLT Subsidi BBM Kepada Masayarakat

''Kita berharap dari sosialisasi ini peserta Pemilu bisa paham. Kami akan memastikan bahwa penetapan Dapil oleh KPU sesuai dengan UU No.7, PKPU No.6 seperti yang saat ini disosialisasikan. Proses pengawasan tahapan Pemilu oleh Bawaslu di mulai saat PKPU ini keluar, maka kami sudah mulai melakukan pembahasan tentang apa saja yang harus diawasi," terangnya.

Ahmad Farid selaku Ketua PSI Kota Malang menegaskan agenda kali ini, sesuatu yang sangat bagus. Apalagi setiap partai politik bisa mengetahui apa proses yang sudah berjalan.

Halaman:

Editor: Haludin Ma'waledha

Tags

Terkini

X