Pilkades Serentak di Muna Telah Usai, DPMD Muna: Belum Ada Cakades Kalah Masukan Gugatan

- Minggu, 27 November 2022 | 06:18 WIB
Kepala Dinas DPMD Kabupaten Muna Sultra, Rustam saat ditemui Hallosulsel di Ruang kerjanya. (Zainal Arifin)
Kepala Dinas DPMD Kabupaten Muna Sultra, Rustam saat ditemui Hallosulsel di Ruang kerjanya. (Zainal Arifin)

 
HALLO SULSEL - Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak berdasarkan SK Bupati Muna, LM Rusman Emba Nomor 48 Tahun 2022 di Kabupaten Muna Sulawesi Tenggara (Sultra) yang di laksanakan di 124 Desanya yang digelar pada Kamis 24 November 2022, kini telah usai.

Hasil pemilihan para Calon Kades (Cakades) yang memiliki suara terbanyak, telah di tetapkan oleh penyelenggara pemilihan Kades namun mereka yang berhasil meraih suarah terbanyak belum memiliki legalitas yang kuat untuk di tetapkan sebagai Kepala Desa (Kades) terpilih.

Pasalnya, kemungkinan besar akan ada gugatan dari para Cakdes yang merasa tidak puas dengan proses pelaksanaan maupun dari hasil perolehan suara yang didapatkan oleh para Cakades peraih suara terbanyak itu.

Baca Juga: Keuntungan Berbisnis Lewat Marketplace B2B, Apa Saja?

Untuk mengantisipasi hal itu, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Muna pun telah menyiapkan ruang bagai para Cakdes yang akan menggugat hasil Pakdes itu.

Kepala DPMD, Rustam selaku Ketua Desk Pilkades serentak itu kepada Hallosulsel diruang kerjanya, Sabtu 26 November 2022 menjelaskan bahwa siapa saja Cakades yang akan menggugat nanti pihaknya siap menerimanya.

Namun, Kata Dia semua harus sesuai dengan ketentuan syarat syarat yang telah di atur dalam Perbub Nomor 48 Tahun 2022.

Baca Juga: Antisipasi Tawuran Pelajar | Polsek Medan Baru Gencarkan Patroli

"Jika ada yang menggugat mereka harus mengikuti syarat syarat yang berdasarkan Perbub. Ada tenggang waktu yang sudah diatur. Tenggang waktunya itu tiga hari sejak penetapan baru kami persilahkan para Cakdes untuk menyerahkan gugatan mereka,"ucapnya.

Dia menjelaskan bahwa syarat syarat yang dimaksud adalah harus memiliki bukti bukti yang sudah disiapkan. Dengan persyaratan lainnya gugatan mereka harus mencapai dua persen dari selisih suara peraih suara terbanyak bagi mereka yang kalah atau tidak menerima hasil perolehan suara dalam Pilkades itu.

Halaman:

Editor: Haludin Ma'waledha

Tags

Terkini

Pemdes Sisobahili Laksanakan Natal Keempat Tahun 2022

Selasa, 17 Januari 2023 | 08:42 WIB

Karo SDM Polda Sulteng Kunjungi Polres Buol

Kamis, 12 Januari 2023 | 20:44 WIB

Meriah Hari Amal Bhakti ke 77

Rabu, 4 Januari 2023 | 23:38 WIB

Polsek Sindang Barang Gelar Kegiatan

Sabtu, 31 Desember 2022 | 13:20 WIB
X