Asahan Kembangkan Kabupaten Ramah Perempuan dan Anak

- Rabu, 21 September 2022 | 08:02 WIB
Penandatanganan komitmen pembangunan ramah perempuan dan anak di kabupaten Asahan. (Agus Arman)
Penandatanganan komitmen pembangunan ramah perempuan dan anak di kabupaten Asahan. (Agus Arman)

HALLO SULSEL - Bupati Asahan H. Surya, BSc bersama dengan Forkopimda Kabupaten Asahan, OPD dan Camat se-Kabupaten Asahan menandatangani deklarasi komitmen penyelenggaraan Kabupaten Ramah Perempuan dan Layak Anak di Aula Melati Kantor Bupati Asahan, Selasa 20 September 2022.

Pada penandatangan deklarasi ini Ketua Gugus Tugas Kabupaten Layak Anak (KLA) dan Ketua Pokja Pengarus Utamaan Gender (PUG) Kabupaten Asahan yang disampaikan oleh Sekretaris Gugus Tugas Kabupaten Layak Anak (KLA) dan Ketua Pokja Pengarus Utamaan Gender (PUG) Kabupaten Asahan dr. Elfina Taringan, MKT menyampaikan dasar kegiatan ini adalah Undang-undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional, Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2000 tentang Pengarus Utamaan Gender dalam pembangunan nasional, Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 15 Tahun 2008 tentang pedoman umum pelaksanaan Pengarus Utamaan Gender di daerah, Undang-undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang perlindungan anak dan Perpres No. 25 Tahun 2021 tentang penyelenggaraan Kabupaten/Kota Layak Anak.

Selanjutnya Peraturan Daerah Kabupaten Asahan Nomor 4 Tahun 2022 tentang penyelenggaraan Kabupaten Layak Anak dan yang terakhir Keputusan Bupati Asahan Nomor 81.1-DP2KBP3A- tahun 2021 tentang pembentukan Gugas Tugas Kabupaten Layak Anak Kabupaten Asahan.

Baca Juga: PB HMI desak Pimpinan MPR Lantik Tamsil Linrung

Elfina juga melaporkan deklarasi pelaksanaan PUG Kabupaten Asahan ini sebagai implementasi Keputusan Bupati Asahan tentang Pokja PUG. Sedangkan deklarasi penyelenggaraan Kabupaten Ramah Perempuan dan Layak Anak yang ditandatangani oleh Bupati, Forkopimda Kabupaten Asahan, OPD sebagai konsekuensi Keputusan Gugus Tugas KLA.

"Deklarasi penyelenggaraan Kecamatan Ramah Perempuan dan Layak Anak yang ditandatangani oleh Bupati dan Camat se-Kabupaten Asahan sebagai komitmen penyelenggaraan Kecamatan Ramah Perempuan dan Layak Anak, " Elfina menutup laporannnya.

Dikesempatan ini Bupati Asahan H. Surya, BSc pada mengatakan, Pemerintah Kabupaten Asahan berkomitmen untuk melaksanakan pembangunan responsif gender bertujuan mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender sehingga pembangunan dapat dimanfaatkan untuk kepentingan laki-laki dan perempuan serta anak-anak. Pemerintah Kabupaten Asahan juga berkomitmen untuk menyelenggarakan Kabupaten Asahan Ramah Perempuan dan Layak Anak sampai pada Pemerintahan Kecamatan dan Pemerintahan Desa di Kabupaten Asahan.

Baca Juga: Polres Batu Amankan Pelaku Pencabulan Anak, Terancam Pidana Penjara 15 Tahun

Bupati berharap kepada seluruh Camat untuk melaksanakan deklarasi komitmen penyelenggaran Kecamatan Ramah Perempuan dan Layak Anak yang ditandatangani oleh Camat dan Seluruh Kepala Desa/Kelurahan se-Kecamatan dan selanjutnya diikuti oleh deklarasu Desa/Kelurahan penyelenggaraan Desa/Keluarahan Ramah Perempuan dan Layak Anak.

Halaman:

Editor: Haludin Ma'waledha

Tags

Terkini

Arumi: Tekankan Pentingnya Kesehatan Gigi dan Mulut

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 11:20 WIB

Tata Perparkiran, Polres Kota Malang Gelar Rakor

Kamis, 29 September 2022 | 05:58 WIB

Gunakan Badan Jalan, Parkir dan PKL Ditertibkan

Kamis, 22 September 2022 | 12:46 WIB

Asahan Kembangkan Kabupaten Ramah Perempuan dan Anak

Rabu, 21 September 2022 | 08:02 WIB
X