DPMD Diminta Transparan Dan Jangan Main-Main, Seleksi Tertulis Bacakades Berpotensi Konflik

- Rabu, 5 Oktober 2022 | 19:29 WIB
Penggiat Desa Sultra Aldyn Haq (Harjon)
Penggiat Desa Sultra Aldyn Haq (Harjon)


Hallo Sulsel, Kendari. Pemilihan Kapala desa serentak di 124 desa di Kabupaten Muna akan dilaksanakan pada 1 November 2022. Saat ini, tahapan Pilkades di Kabupaten Muna akan memasuki seleksi bakal calon kepala desa oleh Desk Pilkades Kabupaten Muna.

Seleksi yang dimaksud merupakan amanat Peraturan Bupati Muna No. 48 tahun 2022 yang merupakan turunan Perda No. 1 tahun 2022 tentang desa.

Setelah calon kepala desa memenuhi persyaratan berkas administrasi, bagi desa yang pendaftar calon kepala desa lebih dari lima orang, maka akan diadakan tes oleh Desk Pilkades.

Baca Juga: Penggiat Desa Warning PMD Terkait Belanja ATK dan Makan Minum Panitia Pemilihan Desa di Sultra

Adhyn Haq, S.Sos sebagai peggiat desa Sulawesi Tenggara melihat seleksi ini berpotensi menimbulkan konflik dalam masyarakat apabila tidak dilaksanakan dengan baik.

Aktivis yang telah lama berkecimpung dalam dunia pemberdayaan masyarakat ini menyebut desk Pilkades harus transparan.
"seleksi bacakades yang calonnya lebih dari 5 orang harus transparan terutama tes tertulis" kata Adhyn Haq

Menurutnya, seleksi telah diatur di dalam perbup, yang perlu mendapat perhatian adalah seleksi tertulis.
"terkait proses seleksi saya kira dalam Perbup jelas sudah tertera penilaian dalam pemberian poin jadi gampang dihitung. Hanya saja soal seleksi tertulis karena pasertanya tidak semua desa, maka harus lebih transparan. Selesai tes diumumkan hasil ujian tulis dan kemudian dikembalikan kepada peserta ujian hasilnya" jelas Adhyn Haq.

Baca Juga: HUT TNI Ke 77, TNI Dapatkan Kepercayaan Tertinggi Dari Masyarakat

Adhyn Haq menegaskan jangan sampai ada tendensi politik dalam proses tersebut.
"jangan sampai ada indikasi ada pihak-pihak yang digugurkan karena tendesi politik lainnya atau soal suka dan tidak suka kepada peserta" tegas Adhyn Haq
"Kami sarankan jangan main main dan jangan permainkan para bacakades yang ikut seleksi 5 besar karena mereka itu adalah tokoh tokoh yang dihargai di desa. Apapun itu, wajib transparansi hasil seleksi tertulisnya" warning Adhyn Haq

Bukan tanpa alasan, Adhyn Haq memaparkan bahwa hal ini sebagai upaya untuk meminimalisir potensi konflik menjelang pemilihan kepala desa serentak di 124 desa November mendatang.

Halaman:

Editor: Muh. Amin

Tags

Terkini

X