Di Gunung Uhud Ada Pemeras Berkedok Tukang Foto

- Minggu, 5 Februari 2023 | 13:57 WIB
Gunung Uhud (Ichsan Lemba)
Gunung Uhud (Ichsan Lemba)

Laporan: Ichsan Lemba

Kalau melakukan ibadah umrah maupun ibadah haji, tak luput para jamaah selalu dibawa ziarah di jabal Uhud atau Gunung Uhud. Di situ para jamaah ramai, sambil mendaki Gunung Uhud di atas batu-batu cadas, juga para jamaah melakukan foto-foto buat kenang-kenangan dibawa pulang.

Memang, mendaki Gunung Uhud sangat bersahabat. Di atas bukit para jamaah dapat memandang sebagian kawasan Madina Munawarah dan Masjid Nabawi yang sangat indah dari kejauhan. Gunung Uhud ini berada disebelah Utara Madina dan termasuk kawasan tanah haram. Letaknya sekitar 2,5 km dari Masjid Nabawi. Dari jauh Jabal Uhud ini menampakan warna kemerahan memanjang sejauh 6 km. Tapi jangan terlena disela-sela keasyikan menikmati keindahan pemandahan di Gunug Uhud itu. Meski itu kawasan tanah suci atau tanah haram, tapi juga masih terdapat orang yang berpikir tidak suci. Sebab di tengah-tengah keasyikan menikmati pemandangan di atas Gunung itu, terdapat oknum yang mengintai para jamaah untuk memeras dengan berkedok sebagai Tukang Foto profesional.

Oknum itu berbekal kamera sejenis polaroid yang hasilnya langsung jadi foto. Dia terlihat sibuk kiri-kanan seakan-akan foto pemandangan di atas gunung itu, sambil mengintip jamaah yang akan diperas. Begitu melihat jamaah yang tidak banyak berombongan, tanpa basah-basih oknum itu langsung datang menarik seorang jamaah tesebut dan mengatur gayanya dan minta HP seperti akan difoto melalui HP jamaah itu sendiri. Dia melakukan foto-foto jamaah tersebut sampai lima kali bidikan, dengan berbagai macam fose dan gaya. Ternyata hasilnya bukan difoto melalui HP-jamaah, tapi hasil foto melalui kamera polaroid milik oknum tersebut.

Baca Juga: Bhabinkamtibmas Polsek Bandar Pasir Mandoge Ajak Masyarakat Jaga Situasi Kamtibmas

Selesai foto-foto hasilnya diberikan sebanyak lima lembar dan dipaksa bayar Rp 500 ribu. Korban sempat menolak tidak mau bayar, tapi Tukang Foto tersebut semakin keras meminta bayaran karena sudah difoto. Akhirnya korban mengalah dari pada ribut dia bayar saja. Kemudian saya tanya teman itu, apakah suruh dia foto, teman bilang tidak, orang itu tiba-tiba datang tanpa basa-basi atur-atur posisi saya dan foto-foto saya, sampai lima kali, lalu dipaksa bayar. “Saya sempat tolak bertahan tidak mau bayar, tapi orang itu semakin keras menagih, maka dari pada ribut, saya mengalah saja dan saya langsung bayar, "ujarnya.

Pengalaman di Gunung Uhud ini adalah ketika melakukan ibadah Umrah pada pertengahan bulan November 2022 lalu, dengan menggunakan falitas travel parjalanan RPM pusat Kendari selama 12 hari perjalanan. Seluruh jemaah berjumlah 31 orang dengan ketua rombongan H.Tasman Donggo.

Kami merasa terpanggil untuk menginforamsikan pengalaman Umrah ini ,meski sudah agak lama, namun dipandang masih tetap aktual karena sebagai pelajaran para calon jamaah umrah maupun calon jamaah haji yang akan datang.

Baca Juga: Pengurus Mapala 09 FT Unhas Diduga Lakukan Pembohongan Publik

Gunung Uhud Sukar Dilupakan

Gunung Uhud ini memang sukar dilupakan bagi umat Islam. Sebab mengandung peristiwa heroik dalam sejarah perjuangan Islam . Di jabal Uhud ini adalah salah-satu perang terbesar bagi Nabi Muhammad dalam melawan kaum Quraisy, dan salah seorang sahabat Rasulullah yakni Hamzah, gugur bersama puluhan suhada lainnya.

Jabal Uhud merupakan kawasan pertahanan Nabi Muhammad melawan kaum Quraisy. Waktu itu, pasukan kaum Quraisy, jumlahnya lebih 10 kali lipat, dibanding pasukan muslim. Namun berkat pertolongan Allah, pasukan muslim berhasil mengalahkan kaum Quraisy.

Dalam peristiwa tersebut, Rasulullah sendiri sempat terluka dengan bibir pecah dan gigi beliau patah. Di sebelah Selatan Jabal Uhud terdapat makam Hamzah dan para syuhada yang gugur dalam perang Uhud itu. Pada kaki jabal uhud sudah ramai para pedagang kebanyakan orang Afrika menjajakan jualannya, berupa tasbih, kurma, kerudung, sajadah dan sebagainya. Suatu ketika Rasulullah SAW pernah naik ke Jabal Uhud . Dalam riwayat Bukhari dari Anas bin Malik menceritakan, bahwa Nabi Muhammad, Abu Bakar, Umar, Utsman naik ke atas Uhud: tiba-tiba Uhud Bergerak, Nabi bersabda, "Diam lah Uhud karena di atas engkau ada seorang Rasulullah, Siddiq, dan dua syahid. ***

  

Editor: Haludin Ma'waledha

Tags

Terkini

PMI Bantu Korban Gempa Turki dan Suriah

Jumat, 10 Februari 2023 | 17:45 WIB

Cerita Jambret dan Copet di Tanah Haram

Selasa, 7 Februari 2023 | 21:39 WIB

Mencium Ka'bah Satu Keberuntungan

Senin, 6 Februari 2023 | 11:27 WIB

Di Gunung Uhud Ada Pemeras Berkedok Tukang Foto

Minggu, 5 Februari 2023 | 13:57 WIB

Memilih Tempat Nginap yang Tepat di Belanda

Senin, 31 Oktober 2022 | 07:53 WIB

Menelusuri Museum Volkenkunde Leiden

Minggu, 30 Oktober 2022 | 19:11 WIB

Berada di Amsterdam: Mengunjungi Tropenmuseum

Rabu, 26 Oktober 2022 | 11:17 WIB
X